Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Memiliki asuransi masih dianggap solusi terbaik untuk menghindari kerugian yang cukup besar. Terutama bagi anda yang memiliki mobil dengan aktivitas dan perjalanan panjang.

asuransi mobil terbaik
dok garda oto
Hampir bisa dipastikan asuransi menjadi kebutuhan agar kendaraan tetap baik-baik saja. Risiko kehilangan dan kerusakan / kecelakaan menjadi hal yang sering terjadi.

Apabila benar adanya maka bisa dipastikan akan terjadi rugi besar. Lain cerita bagi Anda yang memiliki asuransi maka risiko atas kerugian ini bisa dialihkan pada pihak lain.

Pertanyaan selanjutnya tentu saja bagaimana cara memilih asuransi mobil terbaik dan benar

Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Memilih asuransi mobil bisa dikatakan gampang-gampang susah. Hal ini tidak lepas dari banyaknya penyedia asuransi mobil di tanah air. Harga polis ditawarkan pun bermacam-macam, hingga proses ada yang berbelit dan cukup mudah. 

Agar tidak bingung saat ingin membeli asuransi mobil maka ada baiknya perhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Pahami Kebutuhan Anda

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli apapun itu tentu saja memahami kebutuhan yang sesungguhnya. Dengan cara ini maka Anda akan mendapat satu produk / jasa yang benar-benar menjawab kebutuhan.

Bukan hanya sekadar ikut-ikutan, gaya-gayaan atau parahnya menjadi salah satu korban iklan. Hal utama yang harus dijawab adalah perlindungan dasar atau perlindungan yang lebih kompleks.

Pada umumnya yang termasuk perlindungan dasar adalah perlindungan dari adanya kecelakaan selama perjalanan. Berbeda dengan perlindungan komprehensif dimana perlindungan itu ditambahkan sebagai antisipasi terjadinya bencana, pencurian, huru-hara / kerusuhan dan lain-lain.

2. Bandingkan Premi dan Manfaat

Selanjutnya ada baiknya bandingkan beberapa penyedia asuransi terkait premi dan manfaat. Paling mudah bikin ceklist dan rating karena dengan cara ini akan terlihat mana yang paling oke.

Sebisa mungkin manfaat ditawarkan sesuai kebutuhan. Semisal bila mobil sering melintas di daerah rawan bencana maka asuransi mobil terhadap bencana tentu menjadi kebutuhan yang wajib tercover.

Jangan pula tergiur premi murah dan ternyata manfaat yang ditawarkan benar-benar tidak ada. Bila memilih produk ini sama halnya hanya buang uang ke laut.

3. Cek Reputasi Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi dipilih harus menjadi konsen bila Anda ingin memiliki asuransi mobil. Cara mengetahui reputasi sebuah perusahaan saat ini sangatlah mudah dimana cukup ketik di google dan data akan keluar semua. 

Bila Anda sudah tahu reputasi cukup buruk dan tetap membeli maka siap-siap kecewa itu akan datang. Lain cerita bila mereka menjual polis sedikit mahal dan memiliki reputasi baik maka itu layak menjadi pilihan.

Atau bila tidak ingin repot cukup tanyakan pada orang sekitar yang telah menggunakan produk mereka selama 1 atau 2 tahun terakhir. Apakah ada keluhan atau tidak dan bila ada keluhan bagaimana mereka menyelesaikannya.

4. Perhatikan Proses Klaim

Proses klaim akan menjadi pengalaman yang menyebalkan bila ternyata cukup ribet. Selain itu mereka seringkali meminta dokumen yang seolah-olah dibuat. 

Sebelum membeli ada baiknya pahami alur klaim dan bila ada yang ingin dikonsultasikan jangan ragu. Terutama terkait kecepatan proses klaim dan dokumen dibutuhkan.

5. Layanan Tambahan

Mereka, para perusahaan yang memiliki reputasi baik pada umumnya akan memberikan layanan tambahan. Sesuatu yang sangat dinanti tentunya karena ini akan menjadi pemantap untuk ambil keputusan. 

Semisal pada beberapa perusahaan asuransi menyediakan jasa derke gratis hingga ke bengkel rekanan terdekat.  Hal ini tentu akan sangat membantu disaat kondisi tak terduga di jalan.

6. Konsultasikan dengan Agen Asuransi

Hal terakhir yang harus dilakukan tentu saja konsultasi langsung dengan agen asuransi. Hal ini tidak terlepas dari kompetensi mereka untuk memberikan rekomendasi terbaik sesuai kebutuhan dan budget yang ada. 

Mereka ini adalah orang-orang yang terlatih dan mampu memberi pemahaman hingga mendetail. Dengan cara ini Anda tentu akan lebih mantap dalam memilih asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan yang sesungguhnya.

Dengan menerapkan beberapa tips diatas maka hampir bisa dipastikan Anda akan menemukan asuransi mobil terbaik. Untuk lebih mudah gunakan cek list dan timbang segala kelebihan dan kelemahan yang ada. 

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia"