5 Cara Mencegah Penyakit Gondongan

Penyakit gondongan atau mumps menjadi salah satu penyakit yang sering terjadi pada anak-anak. Penyakit ini bukanlah penyakit yang mematikan tapi tetap saja membuat tidak nyaman bagi penderita terutama anak kecil.

penyakit gondongan
ist

Oleh karenanya menjadi penting bagi para orang tua untuk mengetahui cara mencegah penyakit gondongan. Dalam dunia medis penyakit ini dikenal dengan istilah parotitis epidemika atau infeksi virus yang menyerang kelenjar parotis atau kelenjar penghasil air liur yang terletak di dekat telinga. 

Virus ini mudah menyebar dan menginfeksi mereka yang tidak memiliki daya tahan tubuh kuat. Gejala utama gondongan yang paling nampak adalah pembengkakan pada salah satu atau kedua sisi wajah di sekitar rahang. 

Selain itu pada umumnya akan disertai rasa nyeri pada saat mengunyah atau menelan. Pada umumnya juga akan disertai demam, dan kelelahan berlebih.

Cara Mencegah Penyakit Gondongan

Ada cukup banyak cara untuk mencegah penyebaran dan infeksi gondongan. Namun setidaknya ada 5 langkah mudah yang bisa dilakukan. Dan paling penting tentus aja menjaga kebersihan diri dan lingkungan 

1. Menjaga Kebersihan Pribadi

Langkah pertama yang bisa dilakukan tentu saja menjaga kebersihan pribadi. Lakukan berbagai hal baik yang akan menjaga tubuh tetap baik-baik saja. 

Mulai dari rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan meminimalisir menyentuh wajah terlebih dalam kondisi tangan kotor. Terutama pada beberapa bagian yang sensitif mulai dari mulut, hidung dan mata. Seandainya harus membersihkan atau menyentuh wajah gunakan tisu sekali pakai.

Jangan lupa mandi pada pagi dan sore secara teratur. Gunakan sabun yang mengandung antiseptik dan efektif membunuh kuman.

2. Menghindari Kontak dengan Orang yang Terinfeksi

Perlu diketahui bahwa penyakit ini menjadi salah satu yang mudah menular terutama melalui droplet pernapasan. Artinya besar kemungkinan virus akan menular saat terjadi batuk, bersin hingga berbicara. 

Bila ada orang yang terindikasi penyakit gondongan ada baiknya untuk jaga jarak agar tidak tertular. Pada umumnya virus akan bekerja dengan gencar pada 5 hari pertama dan kemudian menurun.

Jika Anda yang menderita ada baiknya cukup berada dirumah saja dn tidak keluar rumah. Tujuannya agar virus itu tidak menyebar ke orang lain.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Penting untuk kemudian menjaga sistem kekebalan tubuh. Bukan hanya untuk memastikan stamina tetap ada tapi juga mencegah terjadinya gondongan. 

Beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan terus saja cukup nutrisi, cukup istirahat, perbanyak makan buah dan sayur serta rutin berolahraga.

4. Menghindari Berbagi Perlengkapan Pribadi

Mereka yang terbiasa berbagi perlengkapan pribadi akan mudah tertular. Perlengkapan tersebut antara lain alat mandi dan alat makan.

Sebisa mungkin peralatan pribadi hanya untuk diri sendiri dan tidak bisa digunakan bergantian. Terutama bila tahu sedang berada di lingkungan orang yang sedang sakit. 

5. Vaksinasi MMR

Selanjutnya tindakan preventif yang bisa dilakukan tentu saja dengan melakukan vaksinasi MMR (Measles, Mumps, Rubella). vaksinasi ini merupakan kombinasi dari 3 penyakit mulai dari campak, gondongan, dan rubella. 

Vaksin ini telah bisa diberikan pada anak-anak pada usia 1 tahun dan 4 hingga 6 tahun. Artinya vaksin MMR ini harus diberikan sebanyak 2 kali. 

Tujuan dari vaksin selain untuk pencegahan tentu saja untuk menciptakan kekebalan tubuh atau herd immunity. Mereka yang telah melakukan vaksin maka tingkat resikonya akan semakin rendah.

Lima hal di atas sebaiknya diterapkan, terutama pada anak-anak untuk mencegah penyakit gondongan. Jangan sampai kemudian si buah hati terkena penyakit yang bikin tidak nyaman ini hanya karena kelalaian orang tua.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mencegah Penyakit Gondongan"