Daftar Sekolah Masak Jogja, Solo dan Semarang, No 15 paling Rekomended

sekolah memasak jogja

Sugeng rawuh dhumateng para tamu. Kamu yang tinggal di Jawa Tengah dan sekitarnya pasti tahu bahwa Jogja, Solo, dan Semarang bukan hanya terkenal dengan budaya dan kulinernya yang khas. Akan tetapi juga dikenal sebagai pusat pendidikan. 

Tak terkecuali untuk pendidikan kuliner. Jika kamu bercita-cita menjadi seorang chef profesional atau ingin mendalami dunia kuliner, ada banyak sekolah masak berkualitas di tiga kota ini yang bisa kamu pilih. 

Yuk, simak daftar sekolah masak di Jogja, Solo, dan Semarang, cek no 15 yang paling direkomendasikan!

Sekolah Masak di Jogja

1. Ions Culinary College, Jogja

Terletak di Yogyakarta, Ions Culinary College menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang ingin mendalami dunia kuliner. Sekolah ini menawarkan program dengan komposisi praktik dan teori, yang sangat ideal untuk kamu yang ingin belajar langsung di dapur. 

Selain itu, Ions Culinary College juga menyediakan berbagai program untuk semua usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Dengan fasilitas yang lengkap dan pengajar berpengalaman, kamu akan mendapatkan pendidikan kuliner yang berkualitas.

Alamat: Jalan C. Simanjuntak No.50, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

2. Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua, Jogja

Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua berada di kabupaten Sleman, Yogyakarta dikenal dengan pendekatan praktisnya dalam mengajar kuliner. Lembaga pelatihan keterampilan ini menyiapkan siswa yang berdedikasi dan terampil dalam bidang tata boga. 

Selain keterampilan memasak, sekolah ini juga membekali siswa dengan pengetahuan tentang kewirausahaan. Dengan cara ini kamu bisa memulai bisnis kuliner sendiri setelah lulus. 

Masa studi di sini cukup singkat, hanya satu tahun saja. Tapi jangan salah pengalaman yang kamu dapatkan sangat berharga dan bisa langsung diterapkan.

Alamat: Jalan Tajem, Nomporejo, Kenayan, Wedomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

3. Jogja Culinary School

Jogja Culinary School adalah sekolah masak di Jogjakarta yang menawarkan berbagai program kuliner, dari masakan tradisional hingga internasional. Dengan dapur yang dilengkapi peralatan modern dan tenaga pengajar yang berpengalaman, sekolah ini memberikan pengalaman belajar yang mendalam bagi setiap siswa. 

Jika kamu ingin menekuni bidang kuliner secara serius maka Jogja Culinary School adalah pilihan yang tepat.

Alamat: Bokoharjo, Jalan Candi Ijo, Marangan, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572

4. Jogja International Culinary Academy

Jogja International Culinary Academy (JICA) adalah pilihan terbaik bagi kamu yang bercita-cita menguasai seni memasak dan meraih kesuksesan di dunia kuliner.

Apa yang membuat JICA begitu istimewa adalah para tenaga pendidiknya yang merupakan chef profesional dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Selain itu mereka memiliki peran penting di berbagai bidang dalam industri kuliner. 

Mereka tidak hanya berdedikasi untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga berkomitmen untuk menginspirasi para siswa agar selalu berusaha mencapai kesempurnaan dalam setiap hidangan. Di JICA, kamu tidak hanya belajar teknik memasak, tetapi juga nilai-nilai seperti kreativitas, dedikasi, dan kerja sama tim yang sangat penting di dalam dapur.

Alamat: Jalan Wijaya Kusuma, Kutu Dukuh, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284.

 

5. LPK Chef de Partie Yogyakarta

LPK Chef de Partie "Culinary Cruise Ship Training Center" Jogjakarta adalah lembaga pendidikan dan pelatihan profesional yang berfokus pada bidang food product. Khususnya untuk industri kapal pesiar dan perhotelan. 

Chef de Parte berlokasi di Jogjakarta, LPK ini berkomitmen untuk mendidik, melatih, dan mempersiapkan para calon tenaga kerja dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan, sehingga siap ditempatkan di kapal pesiar atau hotel ternama.

Alamat: Suryodiningratan MJ 2 / 834, RT.041/RW.012, Suryodiningratan, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55141

6. SMKN 6 Yogyakarta

SMKN 6 Yogyakarta memiliki jurusan Tata Boga yang sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin mulai menekuni dunia kuliner sejak sekolah menengah. Program yang ditawarkan di SMKN 6 sangat komprehensif, dengan fokus pada praktik langsung di dapur. 

Selain itu, sekolah ini juga memiliki program magang yang memungkinkan siswa untuk mendapatkan pengalaman di industri kuliner sejak dini.

Alamat : Jalan Kenari No 4 (atau mudahnya Selatan Stadion Mandala Krida), Yogyakarta

Sekolah Masak di Solo

7. De Access Hotel & Culinary Training Center Solo

Sekolah masak Solo ini menawarkan program jangka panjang seperti Kapal Pesiar 1 Tahun. Kurikulumnya komprehensif, mulai dari teknik dasar memasak, pengenalan bahan makanan, hygiene dapur, hingga keahlian khusus seperti pastry atau masakan Jepang. 

Fasilitasnya lengkap dengan dapur praktikum dan tenaga pengajar berpengalaman.

Alamat: Jalan Klodran-Kadipiro, Gang Jambu, Padokan RT. 01/04 Karangmojo, Karangmojo, Sawahan, Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57375.

8. SMK Sahid Surakarta

Kenali para chef muda berbakat dari SMK Sahid Surakarta yang menciptakan keajaiban di dapur. Mereka hadir dengan ide-ide kreatif dan eksekusi sempurna, menjadikan mereka bintang kuliner masa depan. 

Jangan lewatkan kesempatan mulai dari masakan tradisional hingga kreasi modern, semuanya memiliki sentuhan khusus yang membedakan dari yang lain. Program unggulan sekolah ini, dengan fasilitas modern dan mentor berpengalaman, memberikan pengalaman belajar yang tak terlupakan dan mempersiapkan siswa untuk bersinar di dunia kuliner.

Alamat: Jalan Yosodipuro No. 87 Surakarta

Sekolah Masak Semarang

9. WL Home Kitchen Cooking School

Cooking School di Semarang ini menawarkan program unggulan untuk peserta secara umum. Kamu dibimbing langsung oleh koki profesional yang mempelajari teknik-teknik memasak modern. 

Cooking class ini cocok bagi kamu yang ingin mengikuti tren kuliner terkini dan meningkatkan kemampuan memasak di dapur modern.

Alamat: Ruko Bukitsari Raya Kav.2 Bukitsari, Sumurboto, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50261

10. Graha Wisata Hotel School

Di sekolah masak Semarang ini kamu akan dibimbing oleh para profesional dari bidang perhotelan, kapal pesiar, dan kuliner. Dalam setahun, kamu akan menguasai keterampilan penting melalui belajar di lab seperti Kitchen, Resto, dan lainnya. 

Selain itu, kamu juga akan menjalani magang 3-6 bulan untuk mendapatkan pengalaman kerja langsung. Begitu lulus, kamu siap terjun ke dunia kerja!

Alamat: Jalan Kh Ahmad Dahlan No.23, Karangkidul, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50136

11. Asta Training & Career Center

Industri perhotelan, kapal pesiar, berkembang pesat dan berkontribusi besar pada perekonomian Indonesia. Untuk meningkatkan kualitas layanan, industri ini membutuhkan SDM yang profesional, kompeten, dan terlatih dalam keterampilan kuliner. 

Sekolah kuliner ini berperan penting dalam mempersiapkan tenaga kerja berkualitas, terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dengan keterampilan bahasa Inggris dan kuliner yang baik, tenaga kerja lokal dapat bersaing dan tidak tergeser oleh tenaga kerja asing.

Alamat: Ruko Mutiara Gama, Jalan Gajah Raya No.21 - 22, Pandean Lamper, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50167.

12. Chef Donny’s Cooking Class

Kamu ingin belajar dari ahlinya? Cooking class dari Chef Donny menawarkan kelas memasak dengan demo dari mantan chef handal. 

Di sini, kamu akan belajar teknik-teknik memasak profesional dan tips-tips rahasia yang hanya diketahui oleh para chef berpengalaman. Kursus ini cocok bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan memasak ke level profesional atau ingin mengasah pengetahuan kuliner kamu.

13. Tristar Culinary Institute Semarang

Tristar Culinary Institute Semarang adalah tempat belajar bagi siswa yang ingin menjadi Chef profesional. Di sini, kamu akan mendapatkan kurikulum terpadu untuk mempelajari dunia kuliner secara mendalam.

Mulai dari teknik memasak dasar hingga pengetahuan tentang industri kuliner. Kursus ini cocok bagi kamu yang ingin membangun karir di bidang kuliner dan ingin menjadi chef yang handal.

Alamat: Jalan MT. Haryono No.1014 1016, Lamper Kidul, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50249.

14. SKB Ungaran Semarang

Bagi kamu yang ingin mendapatkan keahlian memasak dengan biaya yang terjangkau, SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Ungaran Semarang adalah pilihan tepat. SKB Ungaran Semarang adalah tempat pelatihan resmi yang diadakan oleh pemerintah Semarang, di mana kamu bisa melatih kemampuan memasak

Alamat: Ruko Bukitsari Raya Kav.2 Bukitsari, Sumurboto, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50261.

Sekolah Pencetak Chef Profesional

15. NCSA (National Culinary Service Academy), Semarang

Jika kamu sedang mencari sekolah masak yang paling direkomendasikan di daftar ini, NCSA (National Culinary Service Academy) di Surabaya adalah jawabannya. NCSA bukan hanya unggul dalam hal fasilitas dan kualitas pendidikan, tetapi juga memberikan banyak kemudahan bagi para mahasiswanya. 

Meski berlokasi di Surabaya, NCSA memberikan rekomendasi tempat tinggal yang dekat dengan kampus bagi kamu yang datang dari luar kota, termasuk dari Jogja, Solo, atau bahkan luar pulau.

Sekolah ini memadukan teori dan praktik dengan standar siap kerja. Memastikan setiap mahasiswa mendapatkan pendidikan kuliner yang komprehensif dan berkualitas. 

Dengan dukungan dari pengajar yang berpengalaman dan fasilitas dapur yang lengkap, NCSA menjadi pilihan utama bagi kamu yang ingin serius menekuni dunia kuliner. Selain itu, jaringan kerja sama yang luas dengan berbagai hotel dan restoran bintang lima memastikan bahwa kamu akan mendapatkan pengalaman magang yang berharga dan peluang karir yang lebih baik setelah lulus.

Itulah daftar 15 sekolah masak terbaik di Jogja, Solo, dan Semarang yang bisa kamu pertimbangkan.Jadi, jika kamu bercita-cita menjadi seorang chef profesional, jangan ragu untuk memilih NCSA sebagai sekolah chef terbaik di Indonesia. 

Selamat meniti karier di dunia kuliner!

Posting Komentar untuk "Daftar Sekolah Masak Jogja, Solo dan Semarang, No 15 paling Rekomended"